970x250

3 Cara Untuk Meredakan Sakit Punggung, Salah Satunya dengan Kompres Air Hangat

120*600L
468*60

Swiftsource.net – Sakit punggung bukanlah aktivitas yang berbahaya tetapi mengganggu. Berikut 3 cara mudah mengatasi sakit pinggang, salah satunya adalah kompres hangat.

Sakit punggung tampaknya tidak berbahaya. Namun, efek ini bisa sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Baca juga : 4 Teh Bunga Ini Efektif Untuk Merontokkan Gula Darah Tinggi pada Penderita Diabetes

Penelitian yang dilaporkan oleh Klinik Cleveland telah menemukan bahwa sekitar 80 persen orang mengalami sakit punggung setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Sakit punggung dapat membaik dalam beberapa hari atau minggu. Kondisi ini juga seringkali tidak menimbulkan masalah jangka panjang.

Namun, rasa sakit yang terjadi bisa sangat melemahkan dan menghambat produktivitas. Tentu kita tidak ingin itu terjadi kan? Kabar baiknya adalah bahwa spesialis nyeri Cleveland Clinic Robert Bolash mengatakan ada beberapa cara mudah untuk mengatasi nyeri punggung. Berikut caranya:

1. Kompres dengan air panas atau dingin

Kompres dingin membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Selain itu, kompres air dingin dapat mengurangi rasa sakit dan beberapa urat yang sakit.

Jika pembengkakan atau peradangan hilang tetapi rasa sakit berlanjut, coba ganti dengan kompres hangat. Air panas membantu otot dan saraf menjadi lebih fleksibel untuk mengurangi rasa sakit.

2. Lakukan yoga

Tanpa peralatan atau keterampilan khusus, kita bisa melakukan beberapa posisi yoga sederhana yang bisa meredakan sakit punggung.

Sebagai permulaan, kita dapat melakukan pose bayi sebagai berikut: mulai dari posisi lutut, geser lutut ke tepi matras dan hubungkan jari-jari kaki, turunkan dahi ke lantai dan rentangkan kaki dengan kedua tangan rapat.

Jika Anda tidak menyukainya, turunkan lengan dan tarik ujung bahu menjauh dari telinga. Tahan dua hingga tiga napas dalam-dalam dan kemudian perlahan kembali ke posisi awal. Seperti halnya olahraga apa pun, berhentilah jika terasa sakit. Dan jika Anda memiliki masalah kesehatan lainnya, bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga baru.

3. Atasi stres

Stres yang tidak disadari menyebabkan ketegangan pada otot, termasuk otot punggung, bahu, dan leher.

Kita juga tidak bisa mencegah stres, tapi kita bisa melakukan manajemen stres untuk mencegah efek samping. Mengatasi stres dengan cara yang sehat dapat mengendurkan otot dan mengurangi stres akibat sakit punggung. Berikut cara cepat mengatasi stres:

Lakukan pernapasan dalam

Saat kita stres, kita bernapas sebentar. Jadi cobalah bernapas dalam-dalam selama beberapa menit.

Jika Anda melakukan ini beberapa kali sehari, Anda dapat menghilangkan stres pada punggung Anda.

Meditasi

Meditasi dimungkinkan dengan mengajarkan pikiran untuk fokus pada saat ini. Caranya, duduk saja dalam posisi tenang dan nyaman lalu fokus pada pernapasan selama beberapa menit.

Jika fokus pikiran terganggu, secara bertahap kembali bernapas.

Ketika Anda mulai memikirkan sesuatu yang lain, pikiran Anda secara bertahap berfokus kembali pada pernapasan Anda.

Relaksasi

Relaksasi dapat dilakukan dengan cara meregangkan dan mengendurkan otot-otot tubuh.

Mulailah dengan jari kaki Anda. Bicaralah selama beberapa detik dan kemudian rileks. Jauhkan betis, kaki, dll sampai ke ujung tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.