970x250

Cara Mengatasi Penyakit PMK Pada Sapi, Bisa dengan Obat & Herbal !?

120*600L
468*60

Swiftsource.net Simak obat dan cara menanggulangi penyakit PMK pada sapi. Menjelang Hari Raya Idul Adha, para peternak dan pedagang fauna sapi dibuat risi dengan penularan penyakit Pmk.

PMK adalah singkatan berasal dari penyakit mulut dan kuku. Penyakit PMK menyerang dan menular pada fauna ternak layaknya sapi.

Tak sporadis, penyakit PMK pada sapi sebabkan kematian. Lalu bagaimana cara menanggulangi penyakit PMK pada sapi? Apa obat PMK pada sapi?

Mengutip Kompas.Com, sapi dan fauna ternak yang terkena penyakit PMK bisa diketahui berasal dari lebih dari satu gejala yang jadi karakteristik-cirinya. Dosen Fakultas Kedokteran Fauna IPB University, Supratikno menjelaskan, berikut karakteristik-karakteristik sapi dan fauna ternak yang terinfeksi penyakit Pmk:

  • Demam hingga 39-41 derajat Celcius
  • Pembengkakan kelenjar, terutama di daerah mandibula/rahang bawah
  • Terdapat luka di sekitar mulut, moncong, gusi, kuku, hingga ambing atau payudara
  • Produksi air liur tinggi
  • Hewan ternak kesulitan menelan makanan
  • Hewan tidak mau makan
  • Hewan bernapas dengan cepat dan kesulitan berdiri
  • Luka pada kuku mengakibatkan kuku ternak terlepas.

Baca Juga : 7 Makanan Penyebab Perut Buncit yang Perlu Dihindari

Ternak dengan gejala di atas akan dengan ringan menularkan PMK ke ternak lainnya, baik lewat medium udara atau kontak segera. Oleh sebab itu, apabila ternak mengalami sejumlah gelaja PMK langsung jalankan karantina ternah dan semprot kandang dengan desinfektan.

Adapun ternak yang terinfeksi akan diberikan penanganan spesifik, yakni berupa vitamin dan obat-obatan sebagaimana yang pas ini sedang dijalankan.

Cara mengatasi penyakit PMK pada sapi

Web Dinas Peternakan dan Kesegaran Fauna Nusa Tenggara Barat menyebutkan ada cara ampuh untuk menangani penyakit PMK pada sapi.  Cara menanggulangi penyakit PMK pada sapi adalah dengan perlindungan obat antibiotik, antipiretik dan vitamin.

Tetapi ketersediaan obat-obat penyakit PMK pada sapi terlampau terbatas sejalan merebaknya persoalan pada fauna ternak itu. Agar diperlukan pengobatan dan cara alternatif untuk menangani penyakit PMK pada sapi.

Cara menanggulangi penyakit PMK pada sapi dengan obat herbal adalah mengenakan bahan-bahan yang bersifat alami yang didapatkan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tumbuh-Tumbuhan mampu diolah jadi obat tradisional sebagai pengobatan alternatif di dalam mengobati luka implikasi penyakit PMK pada sapi.

Bahan-Bahan berupa sodium bicarbonat/soda abu atau soda kue sanggup dijadikan sebagai pembersih luka kira-kira bibir, lidah dan kuku sedangkan bawang putih, kunyit, daun kemangi, daun nimba, madu dll bisa berfaedah sebagai antiseptik untuk menahan infeksi dan mempercepat kesembuhan luka.

Cara mencegah penyakit PMK pada sapi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah akan bertindak cepat untuk menanggulangi persoalan PMK yang menyerang sejumlah fauna ternak sapi di Tanah Air. Salah satunya, pemerintah udah mendatangkan 800 ribu vaksin untuk langsung disuntikkan kepada fauna ternak di semua Indonesia.

“Suntikkan cepat-cepat, cepat, supaya bisa melindungi sapi-sapi yang lain,” ujar Presiden di dalam keterangan tertulis di web site Sekretariat Kabinet.

Presiden juga menjelaskan bahwa penyakit mulut dan kuku ini dikonfirmasi bisa menyebar dengan cepat.

Menurut Presiden, pemerintah udah melaksanakan upaya lockdown di sebagian tempat di Tanah Air tetapi belum beri tambahan hasil yang maksimal.

“Padahal telah diblok oleh Kementan dan Kepolisian namun nyatanya bergerak cepat dan sekarang telah 18 provinsi, 190 kabupaten dan kota,” ungkap Presiden.

Itulah obat dan cara menangani penyakit PMK pada sapi. Hubungi dinas peternakan di wilayah Kamu untuk memperoleh info vaksin guna menghambat penyakit PMK pada sapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.